5 Pertanyaan Wawancara Organisasi Kampus

Bunder Ontheway
3 min readFeb 3, 2021

--

Halo, saya ingin mencoba untuk membuat tulisan mengenai kumpulan pertanyaan — pertanyaan yang biasanyadikeluarkan ketika wawancara organisasi kampus. Saya pernah beberapa kali menjadi interviewer mahasiswa yang ingin masuk ke dalam organisasi kampus. Semoga ini membantu buat yang ingin bisa masuk ke dalam organisasi kampus.

source img: https://www.sciencemag.org

Mari kita mulai dari pertanyaan pertama

1. Coba ceritakan atau kenalkan diri kamu!

Pertanyaan pertama ini sangat penting, dan biasanya mahasiswa yang ditanya akan bingung menjelaskan siapa dirinya. Saya juga gitu dulu ketika mendapatkan pertanyaan ini.

Tips menjawab pertanyaan ini adalah dengan menjelaskan siapa kamu, mulai dari nama, jurusan, kalo bisa jelaskan secara singkat kenapa kamu tertarik dengan organisasi ini. Jangan menjawab dengan tanggal lahir karena informasi itu biasanya sudah ada di cv / berkas sebelum wawancara. Bisa dengan menjelaskan kota asal yang bisa menjadi topik pembicaraan antara kamu dengan interviewer.

2. Apa saja Kelebihan dan keburukan kamu?

Pertanyaan ini mencoba untuk mengerti kira — kira keburukan kamu seperti apa, dan kebaikan kamu apakah bisa relate sesuai dengan kebutuhan organisasi tersebut.

Tips menjawab pertanyaan ini adalah dengan menjawab apa adanya, tapi kelebihan seperti rajin ibadah saya harap tidak diucapkan kecuali mungkin kamu sedang daftar organisasi keagamaan. Kelebihan yang bisa diucapkan seperti pintar mengatur waktu, disiplin, dll. Kemudian untuk kekurangan bisa diucapkan seperti “Saya memiliki kekurangan malas menulis, namun saya selalu mencoba untuk lebih rajin dengan mulai mencatat pelajaran di kelas”, jadi mengucapkan keburukan kemudian memberitahukan usaha dan solusi atas keburukan tersebut.

3. Dari skala 100%, organisasi ini kamu kasih berapa persen?

Ini adalah pertanyaan yang ingin mengetahui skala prioritas kegiatan kamu, misalnya kuliah berapa persen, kemudian organisasi ini berapa persen, istirahat berapa persen, dan seterusnya. Saran dari saya sebelum melakukan interview, kamu coba buat dulu skala persen nya. Kalo saya dulu, saya menjawab 50% kuliah, 20% pribadi (mandi, makan, dll), 15% organisasi pertama, 15% organisasi kedua. Dari jawaban saya yang antara organisasi memiliki prioritas yang sama, akhirnya biasanya muncul pertanyaan yang selanjutnya.

4. Jika rapat organisasi bentrok dengan rapat organisasi lain atau kegiatan lain, gimana cara kamu ngatasin nya?

Saya akan mencoba langsung dengan cara saya menjawab pertanyaan ini. Jika rapat bentrok dengan rapat yang lain, saya berusaha mendatangi keduanya, lalu yang saya datangi rapatnya duluan adalah yang urgent dulu. Misalnya di rapat organisasi pertama saya menjadi ketua atau yang memiliki kewajiban atau tanggung jawab lebih maka saya akan lebih memprioritaskan yang organisasi pertama daripada organisasi kedua. Intinya saya akan memprioritaskan yang membutuhkan saya terlebih dahulu.

5. Apa untungnya organisasi jika menerima kamu menjadi anggota?

Menurut saya ini juga harus dipikirkan baik — baik sebelum memulai interview atau bahkan jika kamu ingin masuk ke dalam organisasi, kira — kira apa yang organisasi itu dapatkan jika menerima kamu menjadi anggota. Biasanya mahasiswa ingin masuk organisasi karena ingin mencari relasi, tapi menurut saya pribadi jika hanya ingin mencari relasi tanpa memberikan imbalan balik kepada organisasi bukanya artinya saya hanya menjadi parasit di organisasi tersebut?

Sebenernya inti dari pertanyaan ini lebih ke kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada organisasi? Karena tentu saja hubunganya harus mutualisme antara kamu dan organisasi dan tidak boleh hanya salah satu pihak saja yang diuntungkan.

Mungkin cukup sekian tips seputar wawancara organisasi kampus yang bisa saya berikan. Jika masih ada yang ingin dipertanyakan atau dikonsultasikan, saya menyediakan jasa 1 on 1 session secara gratis. Bisa bertanya dan konsultasi mengenai perkuliahan, organisasi, career, ikigai, bisnis, startup, bahkan relationship. Jika berminat silahkan kunjungi https://calendly.com/bunderontheway

Saya juga menulis mengenai perjuangan saya kuliah, mulai dari semester satu, jika tertarik untuk membaca silahkan klik ini.

Semoga membantu!!! Jika merasa tulisan saya bermanfaat bantu sebarkan di social media teman — teman ya, terima kasih banyak!! :D

--

--